SUSAHNYA JADI ORANG WARAS (1)

Namanya Mas Bambang, seorang Sopir truk yang kini berusia 40 tahun, selain menjadi sopir truk Mas Bambang juga merupakan penyedia jasa sewa sound system ketika ada orang hajatan atau mantu. Dengan pekerjaan sopir truk dan sound system inilah Mas Bambang bisa menafkahi keluarganya meski dia bukan PNS sekalipun. Sehari-hari Mas Bambang berangkat pagi pulang petang, Mas Bambang pun enggak pernah mangkir di swalayan seperti orang-orang yang dibayar rakyat namun malah mangkir pas kerja.
Siang ini, tak seperti biasa. Mas Bambang yang hobi ngopi di warung Lek Jono, harus mendengarkan curhatan pegawai kantor dinas yang sedang galau akut kehilangan arah.
“Duh Mas, Aku bingung ini… kerjaan enggak beres-beres malah disuruh ini itu sama atasan,” pegawai dinas tersebut mengeluh kepada Mas Bambang.
“Lha ada apa sebenarnya Pak? Mobil punya, tunjangan banyak, pensiun terjamin, kok masih saja ngeluh,” kata Mas Bambang sambil “jegang” dengan rokok yang baru dinyalakan.
“Anu Mas, ribut pokoke Mas, aku gak kuat, kerjaan menumpuk, orang-orang pada gila jabatan, menjilat sana sini, data aja dipalsu, kerja pada lembur sehari aja udah ngeluhnya kayak Dajjal yang sedang turun, aduh bingung aku Mas..”
“Siapa suruh jadi PNS hahahahahahah”, Mas Bambang tertawa sambil menikmati rokoknya.
“Lho kok gitu to Mas? Saya bingung ini? Masak saya harus mengubah data, masak saya harus diam padahal data yang ada di lapangan beda sama yang ada dilaporan..saya harus gimana ini?”, keluh si pegawai dinas yang galau mania.
“Huahahaha orang kok bingungan, ya jadi orang jujur aja to Pak. Lagian duit sampean itu kan dari hasil rakyat kecil, ya kerja yang jujur, gak usah neko-neko , kan beres Pak, hahahaha,” Jawab Mas Bambang dengan nada “celengekan” sambil minum kopi.
“Tapi Mas…nanti saya bakal dimusuhi sekantor, mereka berkelompok untuk hal yang buruk…gimana ini mas? Harus gimana?”
“Hahahaha jaman sekarang ini, kalau mau jadi waras, ya harus berani miskin dan dihina Pak. Banyak orang baik akhirnya dicurangi, banyak orang jujur akhirnya digulung, banyak orang hebat akhirnya melarat. Ya terserah sampean”
“Kok terserah saya? Kan saya bingung..”
“Mau jenengan bingung atau apa, bukan urusan saya”
Seketika pegawai dinas langsung saja pergi setelah selesai Makan. Entah apa yang merasukinya semua tak ada yang tahu.

Graha Sedekah On Twitter

Videos

Message from server: "Forbidden". Check in YouTube if the id UC6CockkOhf8zCNLRP041dqg belongs to a channelid. Check the FAQ of the plugin.

Hubungi Kami

Branch Office:
Jl. Sendangsari VI/110 Kalicari, Pedurungan Semarang Jawa Tengah 50198

Head Office:
Jl. Karanglo No.64 Gemah, Pedurungan
Semarang Jawa Tengah 50191

(024) 6732444
         0815 7775 744

2B403FD8

Recent Comments