KISAH IMAM AHMAD BIN HAMBAL & PENJUAL ROTI (1)

Suatu waktu Imam Ahmad bin hambal ingin sekali mengunjungi suatu kota di Irak (dalam manaqib Imam Ahmad beliau menuju Bashrah). Tak ada keperluan atau hal, namun Imam Ahmad ingin berkunjung kesana.
Setelah menempuh perjalanan, akhirnya Imam Ahmad sampai di kota tersebut. Saat waktu sholat isya tiba, Imam Ahmad ikut berjamaah di masjid, setelah itu Imam Ahmad merasa sangat tenang. Kemudian Imam Ahmad ingin beristirahat. Karena belum ada penginapan atau hotel seperti jaman sekarang, Imam Ahmad ingin tidur di masjid karena perjalanan pulang masih jauh, dan melanjutkan perjalanan besok pagi harinya.
Tiba-tiba sang marbot masjid datang menemui imam Ahmad sambil bertanya,
“Kenapa Syaikh, mau ngapain di sini? ( “Syaikh” dalam tradisi Arab bisa dipakai untuk 3 panggilan, bisa untuk orang tua, orang kaya ataupun orang yang berilmu. Panggilan Syaikh dikisah ini panggilan sebagai orang tua, karena imam Ahmad kelihatan sebagai orang tua).
Marbot tidak mengetahui kalau beliau adalah Imam Ahmad, dan Imam Ahmad pun tidak memperkenalkan siapa dirinya. Di Irak, semua orang kenal siapa Imam Ahmad, seorang ulama besar dan ahli hadis, beliau hafal sejuta hadis, sangat saleh dan zuhud.
Ketika itu belum ada teknologi kamera dan media sosial seperti sekarang. Waktu itu pun Imam Ahmad tentunya tidak selalu posting foto,atau chat ke kerabat, sehingga orang tidak tahu wajahnya, hanya saja namanya sudah terkenal. Kata Imam Ahmad bin Hambal “Saya ingin istirahat, saya musafir.” Kata marbot, “tidak boleh, tidak boleh tidur di masjid!”
Saat Imam Ahmad ingin tidur di teras masjid, tetap saja si marbot tidak mengijinkan walau Imam Ahmad selalu berkata “Saya Musafir, saya musafir ingin istirahat”.
Singkat cerita Imam Ahmad diusir oleh Marbot tersebut.
(bersambung)

Graha Sedekah On Twitter

Videos

Message from server: "Forbidden". Check in YouTube if the id UC6CockkOhf8zCNLRP041dqg belongs to a channelid. Check the FAQ of the plugin.

Hubungi Kami

Branch Office:
Jl. Sendangsari VI/110 Kalicari, Pedurungan Semarang Jawa Tengah 50198

Head Office:
Jl. Karanglo No.64 Gemah, Pedurungan
Semarang Jawa Tengah 50191

(024) 6732444
         0815 7775 744

2B403FD8

Recent Comments